Rabu, 01 Desember 2021

SMK Islam Yapim Manado Sabet Finalis 3 Anugerah Indonesia Damai 2021 Kategori Guru Pelopor Moderasi

Jakarta--SMK Islam Yapim Manado menyabet Finalis 3 Anugerah Indonesia Damai 2021 Kategori Guru Pelopor Moderasi Beragama. Informasi ini diperoleh setelah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Anugerah Indonesia Damai 2021 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Selasa (30/10). Kegiatan ini merupakan penutup program BNPT di 2021 yang terkait realisasi program kerja 32 Forum Koordinasi Penanggulangan Teroris (FKPT) di seluruh Indonesia.


Dalam sambutannya Direktur Pencegahan BNPT R. Ahmad Nurwahid mengapresiasi semangat dan antusiasme seluruh peserta yang telah mengikuti lomba. Total ribuan karya terkumpul untuk mengikuti lomba tersebut. Menurutnya, program seperti ini sangat efektif karena merupakan bagian daripada kontra radikalisasi yang isinya kontra narasi, kontra propaganda, dan kontra ideologi, terutama di dunia maya.

Ahmad memaparkan, indeks potensi radikalisme di Indonesia pada 2019 berada di angka 38%. Namun ketika terjadi covid-19 di awal 2020, survei yang dilakukan BNPT pada Oktober-November 2020 menunjukkan adanya penurunan indeks potensi radikalisme menjadi 12,2%. "Artinya, salah satu faktor penurunan diakibatkan karena masifnya masyarakat yang tadinya tidak menggunakan media sosial termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat, mereka masif melakukan dakwah melalui media sosial, YouTube, dan lain-lain," ujar sang jenderal yang mantan radikalis itu.

Sementara itu Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Moch Chairil Anwar menyebut situasi pandemi covid-19 tidak mengurangi animo para peserta lomba tahun ini yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Rinciannya, pada lomba guru pelopor moderasi beragama terkumpul 3.509 karya, lomba microblog dan infografis 3.654 karya, lomba video kreatif 1.073 karya, dan pengumpulan karya tulis bunga rampai terkumpul 198 karya.

Sulawesi Utara yang diwakili oleh Bakri dari SMK Islam Yapim Manado menempati posisi finalis 3 dalam Anugerah Indonesia Damai 2021 ini. Sepuluh peserta terbaik dalam ajang ini telah menyisihkan ribuan peserta lainnya dari seluruh Indonesia dan satu peserta dari negeri jiran Malaysia.

“Ajang ini adalah langkah awal bagi sahabat guru pelopor moderasi beragama untuk terus berpikir dan bergerak bersama dalam pengarusutamaan moderasi beragama di Indonesia untuk Indonesia yang harmoni,” demikian sambung Bakri yang dikenal sebagai Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Kota Manado  sekaligus Sekretaris AGPAII Sulawesi Utara. Sementara itu Rosmiaty Limonu selaku Kepala SMK Islam Yapim Manado mengatakan, pihaknya merasa bangga dan senang memiliki guru yang memiliki inovasi dan dedikasi tinggi terhadap sekolah dan terlebih terhadap NKRI. “Semoga nilai-nilai moderasi beragama ini bisa diaplikasikan lebih massif lagi, terlebih bisa didesiminasikan ke lingkungan sekolah lainnya,” demikian imbuhnya.

Untuk info pemenag 10 Terbaik silahkan akses tautan di bawah ini:

https://www.gupaymoderasi.com/p/pemenang-anugerah-indonesia-damai-2021.html

https://www.youtube.com/watch?v=HkEGgokfGXA

 

 

0 komentar:

Posting Komentar