Kamis, 16 Juni 2022

SMK Islam Manado Join dalam ToT Wawasan Kebhinekaan

 

Bekasi-16/06/22 SMK Islam Yapim Manado mengikutsertakan salah satu gurunya dalam pelaksanaan Training of Trainer Wawasan Kebhinekaan bagi para pelatih. Kegitan ini sendiri digagas oleh Pusat Pengembangan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. ToT dilaksanakan di salah satu hotel di kota Bekasi selama tiga hari yakni mulai tanggal 16-18 Juni 2022. Peserta terundang sebanyak 60 orang dari seluruh Indonesia. Bakri, guru SMK Islam Yapim Manado yang sekaligus ketua wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara itu mengungkapkan kegiatan ini sangat baik, saya berharap kedepannya ada upaya pengimbasan kepada guru-guru di Bumi Nyiur Melambai.

Dalam sambutannya Kepala Puspeka, Hendarman mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan  untuk mencetak para pelatih yang nantinya akan diberikan tugas dalam upaya penguatan wawasan kebhinekaan dalam tiga program sekaligus yakni program guru penggerak, program sekolah penggerak, dan program pendidikan profesi guru. Karenanya diharapkan seluruh peserta training harus mengikuti secara serius dan bersungguh-sungguh sehingga nantinya tercipta master trainer yang handal. Sejatinya kegiatan ini adalah gelombang ke-2, dimana pada pelatihan gelombang pertama diikuti sekitar 40 peserta. Gelombang kedua memiliki peserta yang lebih banyak yaitu 75 peserta seluruh Indonesia, tambahnya.

Sebagai informasi dalam kegiatan ToT ini peserta diajarkan tentang teknik fasilitasi yang berfokus dalam 5 topik utama yaitu; (1) kebhinekaan global, (2) kebhinekaan nasional, (3) kebhinekaan dalam skala personal, (4) sekolahku yang bhineka, dan (5) sekolahku yang damai. Selanjutnya peserta juga akan diuji dalam presentasi micro teaching terkait dengan 5 topik utama di atas.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar