Minggu, 09 April 2023

Tebar Kedamaian Lewat Santunan Al-Qur’an di MDTA Nurul Iman


Cimalaka
(9/04/2023)--Dalam suasana hari Ahad siang yang cerah anak-anak santri MDTA Nurul iman sudah cukup lama menanti kedatangan Ibu Yeni Mulyani, Perwakilan Yayasan Takrimul Qur’an yang mana ia relawan tebar Al-Qur’an dari Komunitas Pecinta Sedekah (KPS), yang  beralamat di Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana  Kabupaten Kuningan.

 

Yayasan Takrimul Qur’an merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang penghimpunan dan pendayagunaan dana infak dan sedekah serta dana lainnya yang halal dan legal baik dari perorangan, kelompok perusahaan atau lembaga.

 

Menurutnya dalam rangka optimaslisasi program dan turut serta berkontribusi untuk peningkatan mutu SDM dengan pesantren dan masjid yang telah berkomitmen dalam bekerjasama dengan kami, maka  berencana mendirikan Pesantren Tahfidzul Qur’an dan Bahasa Arab yang akan diperuntukan bagi para santri utusan ponpes dan masjid yang telah menjadi mitra.

 

Dari semua upaya yang dilakukan, harapannya akan muncul Da’i-da’i yang siap untuk membimbing dan membina masyarakat tentang keislaman serta mampu membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an di masa yang akan datang.

 

“Berharap akan muncul Da’i-da’i yang siap untuk membimbing dan membina masyarakat tentang keislaman serta mampu membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an di masa yang akan datang,”tukasnya

 

Kemudian lanjutnya, semoga sedikit upaya dari apa yang kami lakukan dengan tetap berusaha memberikan yang terbaik disamping keterbatasan yang kami miliki dengan memohon pertolongan kepada Alloh Subhanahuwata’ala agar tetap istiqomah dijalan kebaikan, dapat memberikan manfaat bagi kaum Muslimin terutama yang membutuhkan Mushaf Al-Qur’an.”

 

Pada kesempatan itu Ahad (9/4/2023) diserahkan sejumlah Al-Qur’an melalui Yeni Mulyani selaku relawan tebar Al-Qur’an untuk para santri MDTA Nurul Iman yang beralamat di Dusun Batu Karut RT 03 RW 05 Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka  Kabupaten Sumedang.

“Abdi relawan tebar Al-Qur’an,”tuturnya

 

Dua hari sebelumnya pun telah dilakukan penyerahan yang sama Tebar Al-Qur’an sebanyak 25 Al-Qur’an kepada para ibu jama’ah Majelis Taklim Al-Ikhlas Dusun Pasir RT 03 RW 06 Desa Cibeureum Wetan, pada Jum’at (7/4/2023) di mesjid Al-Ikhlas.

 

Tugas yang dilakukan Yeni sebagai relawan Tebar  Waqaf Al-Qur’an dan Iqro  juga sedekah pekanan buka puasa sunah tiap Kamis . Dikatakan, “Insha Allah sudah hampir satu tahun semenjak dibuat Komunitas Pecinta Sedekah.”

 

Harapan Yeni pun khususnya di kegiatan MDTA Nurul Iman Batu Karut ingin menebar cahaya Al-Qur’an agar senantiasa anak-anak menjadi pribadi yang Islami dan rajin mentadaburi Al-Qur’an.

Selain itu berbagi manfaat dan keberkahan.

Berharap ridho Allah, “Saya selalu istiqomah dalam kebaikan sampai husnul khotimah.”

 

Sebagai rasa terima kasih atas bonus di hari diturunkannya Al-Qur’an dalam peristiwa Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1444H atau 8 April 2023 pada Sabtu kemarin, salah seorang perwakilan guru, Bapak Mahdi merasa bersyukur dengan adanya kegiatan yang dilakukan dari pihak Yayasan Takrimul Qur’an di mana usaha-usaha yang dilakukan nya untuk memuliakan Al-Quran sebagaimana arti dari Takrimul Qur’an branded dari nama yayasan tersebut .

 

Dikatakan Mahdi, semoga nilai-nilai Moderasi dalam menjalin hubungan silaturahmi baik sesama muslim “Ukhuwah Islamiyah” dan hubungan sesama manusia “Ukhuwah Insaniyah” tetap terpelihara, sehingga akan terciptanya perdamaian abadi sesuai dengan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

“Semoga nilai-nilai Moderasi dalam menjalin hubungan silaturahmi baik sesama muslim “Ukhuwah Islamiyah” dan hubungan sesama manusia “Ukhuwah Insaniyah” tetap terpelihara sehingga akan terciptanya perdamaian abadi sesuai dengan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.” tuturnya

 

Di kesempatan yang mulia bulan Ramadhan yang penuh dengan nilai-nilai persatuan dan persahabatan dalam kebersamaan, salah satu santri MDTA Nurul Iman dari kelas 5, Deqiya mengucapkan terima kasih kepada Takrimul Qur’an yang telah memberikan  sebanyak 30 Al-Qur’an.

 Dikatakannya, semoga bermanfaat bagi kami dan menjadi amal jariyah bagi yang mewakafkan.

 

“Kami Santri-santri MDTA Nurul Iman Batu Karut Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, mengucapkan Jazakumullah khoeron katsiron kepada Takrimul Qur’an. Semoga bermanfaat bagi kami dan menjadi amal jariyah bagi yang mewakafkan,”ucapnya

 

Di akhir pertemuan Yeni berharap, “Semoga, khususnya komunitas kami bisa berkembang dan menggerakan para Aghnia untuk bergabung bersama kami dalam berkah berbagi,”tutupnya

 

Cibeureum Wetan,9 April 2023

Penulis : Mahdi

0 komentar:

Posting Komentar