Jumat, 23 Juni 2023

Direktorat PAI Dorong Penguatan Nilai Moderasi Beragama pada GPAI SMA/SMK


Cirebon (Direktorat PAI)
– Direktorat Pendidikan Agama Islam, melalui Subdit PAI pada SMA/SMK, menyelenggarakan kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam jenjang SMA/SMK Tahun 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh 5 orang Guru Pelatih Nasional dan 69 orang Guru Pelatih Propinsi ini dilaksanakan di Cirebon pada tanggal 21 hingga 23 Juni 2023.

Dalam kegiatan ini, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Aan Jaelani, menyampaikan pandangannya mengenai perlunya internalisasi nilai-nilai moderasi beragama kepada guru-guru pendidikan agama Islam.

"Insersi moderasi beragama pada GPAI mampu menjadi bagian dari upaya membangun umat Islam menuju umat terbaik, adil, dan umat seimbang kehidupannya," tuturnya dalam materi yang bertema "Stratifikasi Sosial, Merawat Perbedaan dan Keragaman Umat dalam Perspektif Al-Qur'an: Strategi Penguatan Nilai-nilai Moderasi Beragama bagi Guru PAI SMA/SMK" (21/6).

"Moderat adalah bagian penting dari akhlakul karimah. Kita ada karena orang lain, tidak mungkin kita muncul seorang diri. Manusia adalah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain," jelasnya.Sementara itu, Kasubdit PAI pada SMA/SMK Adib Abdushomad, dalam sambutan mewakili Direktur Pendidikan Agama Islam, menyampaikan harapan agar GPAI jenjang SMA dan SMK mampu menyerap nilai-nilai moderasi beragama dan menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar.

"Kita hidup di masyarakat melalui sebuah proses sosial, pengakuan diri sebagai simbol prestise, keragaman dan perbedaan yang kemudian muncul. Pada akhirnya, timbullah perbedaan etnis, bahasa, budaya, dan agama," imbuhnya.

"Dalam kondisi masyarakat yang berbeda, moderat yang bermakna berada di antara dua ujung, yakni berada di tengah-tengah merupakan jawaban atas kondisi sosial yang berlangsung," tegas pria yang akrab dipanggil Gus Adib ini.

Lebih jauh, alumni Pascasarjana Flinders University ini menambahkan, berbagai ayat Al-Qur'an menguatkan tentang pentingnya perspektif yang senapas dengan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

"Banyak sekali ayat Al-Qur'an yang selaras dengan nilai moderasi beragama, di antaranya Qur'an Surat Hud ayat 8, 48, 118 dan 119; Qur'an Surat Nuh ayat 14; dan banyak ayat lainnya," pungkasnya. [SYAM]

Sumber:

http://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-927-direktorat-pai-dorong-penguatan-nilai-moderasi-beragama-pada-gpai-sma-smk.html#informasi_judul


0 komentar:

Posting Komentar